Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Kontraktor Rumah yang Tepat

Tips Memilih Kontraktor Rumah yang Tepat

Semua orang pasti menginginkan rumah hunian yang memiliki struktur sesuai dengan impian masing-masing. Namun, tidak semua orang mengerti berbagai hal yang ada dalam masalah pembangunan ruamh. Maka dari itu, solusi yang tepat adalah mencari kontraktor rumah yang tepat untuk menanganinya.

Dalam memimilih kontraktor rumah yang tepat bukanlah hal yang mudah, namun juga tidak begitu sulit. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan kontraktor yang tidak hanya berkualitas, tapi juga tepat waktu dan sesuai budget yang ada. Namun, yang sering terjadi malah sebaliknya karena salah memilih kontraktor rumah.

Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, simak yuk tips dalam memilih kontraktor yang tepat untuk pembangunan rumah Anda!

Tips Memilih Kontraktor Rumah yang Tepat

1. Perbanyak Referensi

Sebelum memutuskan memilih kontraktor rumah, ada baiknya Anda perbanyak referensi dahulu. Semakin banyak Anda memperoleh referensi, semakin mudah Anda membandingkan dari segi budget maupun portofolio hasil pengerjaan sebelumnya. Anda bisa meminta informasi dari kerabat, teman atau juga bisa mencarinya secara online.

2. Jangan Terburu-buru

Setelah menemukan beberapa referensi kontraktor rumah yang sesuai, jangan langsung terburu-buru dalam menentukan pilihan. Banyak orang yang langsung memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan kontraktor pertama yang mereka temui. Bandingkan dulu semua referensi yang telah Anda kantongi sebelum menentukan.

Anda bisa mempelajari semua yang dapat dipelajari tentang membangun rumah, terus lakukan interview mendetail dengan lebih dari satu kontraktor, dan putuskan dengan bijak serta hati-hati.

3. Cari Testimoni dan Lakukan “Penyelidikan”

Setelah Anda cocok dengan salah satu referensi yang ada, selanjutnya Anda mesti mencari tahu lebih dalam lagi tentang kontraktor tersebut. Carilah testimonial dari pengguna jasa dan portofolio proyek pembangunan rumah yang telah dilakukan.

Pastikan kontraktor sudah memiliki surat izin resmi dan berbadan hukum. Bila mungkin sedang mengerjakan sebuah proyek di tempat lain, Anda bisa melakukan survei untuk mengamati proses pengerjaan proyek tersebut secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih aktual dari kontraktor tersebut.

4. Diskusikan Biaya dan Garansi

Biaya merupakan faktor penting dalam proses pembangunan rumah. Diskusikan biaya yang Anda miliki dengan kontraktor untuk menemukan solusi dan ide yang pas dalam menentukan model dan struktur rumah sesuai impian Anda. Anda bisa meminta usulan rencana anggaran dan biaya untuk kemudian diperiksa dan diperbincangkan lebih lanjut.

Selain itu, tanyakan juga, apakah mereka akan memberikan after-service atau garansi jika terdapat kerusakan atau kondisi yang kurang memuaskan. Kontraktor yang baik pasti akan menjamin kepuasan atas kualitas pekerjaannya

5. Pastikan Pihak Kontraktor Bersedia Terikat Kontrak

Perlu diketahui juga, bahwa adanya Surat Perjanjian Kerja (SPK) akan membuat Anda merasa lebih aman dan tenang serta terjamin karena Anda akan meminimalisir kecurangan yang mungkin dilakukan.

Pastikan untuk menyusun SPK sedetail mungkin, dengan rincian anggaran, jumlah jam kerja yang diharapkan, dan tahapan pembayaran. Kemudian, SPK harus ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan gunakan materai untuk mengesahkan dokumen tersebut. Buatlah dua rangkap untuk dipegang masing-masing oleh Anda dan pihak kontraktor yang Anda pilih.

Nah, itulah beberapa tips memilih kontraktor rumah yang tepat. Jika Anda tinggal di Blitar, sangat direkomendasikan untuk menggunakan jasa kontraktor rumah Blitar yang sudah ahli dalam bidangnya yaitu Patrialand.

Selain itu, setiap pengerjaan proyeknya, para pelanggan yang menggunakan jasanya pun juga sangat puas dengan kinerja yang dihasilkan.