Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Nike Air Force 1 Yang Menaikkan Nama Nike

Sejarah Nike Air Force 1 Yang Menaikkan Nama Nike

Saat ini Nike menjadi penguasa dari pasar sepatu olahraga di seluruh dunia. Bahkan di dunia basket, kerajaan dari sepatu Nike juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bukan hanya di Amerika Serikat saja, tapi juga di seluruh dunia. Pangsa pasar dari Nike juga semakin luas dengan banyaknya jumlah pemakai, pembeli, penggemar bahkan juga kolektor. Bahkan banyak juga pemain basket ternama yang saat ini sudah menjadi brand ambassador dari brand Nike ini. Meningkatnya penampilan dari atlet pemain basket tersebut tentu saja juga ikut meningkatkan penjualan sneakers Nike.

Sejarah Nike Air Force 1 Yang Mendominasi Dunia Basket

Perlu anda ketahui ternyata jauh sebelum Nike berhasil menguasai pasar dunia basket di seluruh dunia. Awalnya mereka mulai membuat sepatu basket yang sedikit terlambat. Bahkan Nike jauh ketinggalan dari Adidas, Converse, dan Puma yang jauh lebih dulu merambah pada pasar dunia basket. Di tahun 1972 barulah Nike meluncurkan sneakers basket pertama mereka yang diberi nama Bruin dan Blazer. Kedua Sneakers ini terbuat dari bahan kulit.

Namun penjualan dari kedua sepatu ini ternyata cukup mengecewakan, dimana sepatu ini kurang diminati pada pasar saat itu. Hal itu terbukti dimana dalam waktu 10 tahun, penjualan dari kedua sepatu ini tidak mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan. Hingga di tahun 1982 akhirnya Nike luncurkan sepatu Nike Air Force 1 yang mengawali sejarah Nike dalam dunia basket.

Saat mengeluarkan sepatu ini, Nike memiliki slogan "Air in a box". Dengan slogan yang sederhana tersebut sepatu ini bisa menyematkan kantong udara di tumit kaki guna menjadi bantalan. Perancang dari NIke Air Force 1 adalah Bruce Kilgore. Dia bisa menciptakan sepatu ini karena terinspirasi dari sepatu yang digunakan untuk mendaki gunung. Sementara penguji pertama dari sepatu tersebut adalah Tinker Hatfield.

Saat pertama kali Nike Air Force 1 dilepaskan ke pasaran, yang terjadi diluar dugaan. Sepatu Nike ini mengalami ledakan penjualan. Saat itu Nike langsung menggaet enam pemain bintang NBA untuk menggunakan Air Force 1. Keenam pemain NBA tersebut saat ini dikenal dengan julukan "Original Six". Keenam pemain NBA tersebut adalah Michael Cooper, Moses Malone, Bobby Jones, Mychal Thompson, Calvin Natt, dan juga Jamaal Wilkes.

Namun ternyata Nike memutuskan untuk berhenti memproduksi sepatu ini, walaupun saat itu permintaan dari sepatu ini juga semakin tinggi. Namun ternyata Nike mencabut kebijakan tersebut dan di tahun 1985, Nike kembali memproduksi sepatu ini. Setidaknya ada sekitar dua ribu pasang sepatu yang diproduksi pada peluncuran sepatu Nike Air Force 1.

Nike Air Force 1 ini memang mendapatkan pujian dari berbagai pihak, walaupun saat ini sejarahnya sudah mulai dilupakan. Namun dari sepatu Air Force 1 ini mulai muncul inspirasi baru untuk membuat sneakers All White All Leather Low atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nike Air Force 1 Low. Sepatu ini mulai dipasarkan pada tahun 1990an dan ternyata Sneakers andalan Nike ini lebih dikenal pada budaya Hip Hop dibandingkan budaya basket. Hingga saat ini sneaker putih rendah ini melambangkan gaya dari hip hop yang sangat kental dan juga masih menjadi pilihan utama.

Nah, itulah sejarah singkat dari sepatu Nike Air Force 1 yang berhasil menaikkan Nama Nike dalam industri dunia basket.