Perawatan Gigi untuk Kucing Peliharaan

Perawatan Gigi untuk Kucing Peliharaan

Perawatan gigi kucing penting untuk memastikan hewan peliharaan Anda menikmati kesehatan yang bersih. Kucing juga perlu dirawat karena dapat menyebabkan banyak masalah lain terkait kesehatan umum mereka. Misalnya, jika kucing peliharaan Anda memiliki masalah periodontal, ia mungkin tidak makan dengan baik dan mengalami kesehatan yang buruk karena kurangnya nutrisi yang tepat dalam tubuh. Itulah pentingnya perawatan gigi untuk kucing peliharaan Anda.

Kebanyakan kucing mungkin menderita berbagai macam kondisi gigi jika mereka tidak dirawat dengan baik. Itulah sebabnya pemilik hewan peliharaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kucing peliharaannya mengikuti rejimen kesehatan gigi yang baik. Ini mungkin berhasil, tetapi untuk jangka panjang Anda bisa melayani Anda dan kucing peliharaan Anda dengan baik.

Salah satu masalah yang dialami kucing dengan giginya adalah plak. Sama seperti manusia, kucing juga memiliki penumpukan karang gigi di gigi mereka sendiri yang disebut plak. Hal ini disebabkan karena banyak jenis makanan yang dimakan kucing dengan beberapa zat yang terkumpul di gigi mereka yang selanjutnya dapat menyebabkan penumpukan karang gigi. Jika akumulasi plak terus berlanjut, ini dapat menyebabkan masalah gusi dan akhirnya kehilangan gigi kucing kesayangan Anda.

Tidak semua kucing memiliki pengalaman yang sama dengan plak. Mereka sepertinya adalah beberapa kucing yang rentan terhadap penumpukan karang gigi, sementara ada kucing-kucing lain yang tampak baik meskipun dengan perawatan gigi yang kecil. Beberapa kucing mungkin perlu membersihkan gigi secara teratur untuk menghilangkan timbunan plak dari giginya. Plak adalah deposit kuning keputihan yang secara bertahap berkembang pada gigi.

Pada kucing, plak biasanya berkembang di permukaan luar gigi atas. Jika dibiarkan menumpuk, plak dapat menyebabkan masalah gusi pada kucing. Hal ini dapat dilihat pada garis-garis gusi yang memerah yang dapat mengindikasikan bahwa plak tersebut telah menyebabkan iritasi.

Untuk mencegah penumpukan plak pada gigi kucing peliharaan Anda, pembersihan gigi tahunan mungkin disarankan. Dokter hewan biasanya menempatkan kucing di bawah anestesi umum untuk membersihkan giginya. Tetapi layanan ini dapat dikenakan biaya yang cukup besar. Hal terbaik berikutnya adalah membersihkan gigi kucing kesayangan Anda di rumah.

Mungkin perlu dibiasakan ketika mencoba membersihkan gigi kucing kesayangan Anda di rumah. Kucing biasanya tidak suka membersihkan giginya. Untuk melakukan ini, Anda mungkin perlu menempatkan kucing kesayangan Anda di jaket handuk dan juga helper.

Sikat gigi ukuran anak akan bekerja dengan baik saat membersihkan gigi kucing kesayangan Anda. Anda juga dapat menggunakan beberapa pasta gigi yang dapat dimakan yang tersedia di toko hewan peliharaan untuk memudahkan tugas Anda. Kadang kucing bisa terbiasa menyikat gigi jika dilakukan setiap minggu.

Terkadang ketika Anda mencoba mengamati beberapa perawatan gigi kucing peliharaan, Anda mungkin menemukan bahwa kucing peliharaan Anda memiliki bau mulut. Ini bisa disebabkan oleh dua hal. Satu dapat terjadi ketika kucing muda sedang tumbuh gigi. Pada usia sekitar enam bulan, kucing mulai kehilangan gigi bayinya dengan yang permanen menggantikannya.

Bau pada napas kucing mungkin karena proses penggantian gigi. Bau pada napas kucing Anda akhirnya akan mereda begitu gigi masuk.